Oktober 28, 2024

Fasilitasi Akses Informasi Secara Mudah Dan Cepat Untuk Sekolah, Dindikbud Cilegon Ciptakan Aplikasi Educare Inklusi

0
Dindikbud Cilegon Launching Aplikasi Educare Inklusi di tengah acara HUT Kota Cilegon Ke-24

CILEGON, KM – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Cilegon menciptakan inovasi Sistem Informasi Educare Inklusi.

Inovasi ini sebuah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu manajemen dan pengelolaan sekolah inklusi dengan lebih efektif dan efisien.  Aplikasi Educare Inklusi dilaunching langsung oleh Walikota Cilegon Helldy Agustian di acara Riung Mungpulung HUT Ke-24 Kota Cilegon, Kamis (27/04/2023)

Kepala Dindikbud Kota Cilegon Heni Anita Susila menjelaskan bahwa Aplikasi ini berbasis Web Based and Andriod dengan sejumlah fitur yang berguna baik untuk sekolah, Dinas Pendidikan, maupun orang tua siswa.

“Ini inovasi yang memang belum ada di Cilegon atau di Provinsi Banten, insyaallah ini yang pertama. Dan ini merupakan gagasan inovasi yang kami luncurkan untuk satu kebutuhan proyek di dalam pelatihan kepemimpinan nasional tingkat 2 eselon 2 yang diselenggrakan oleh Duta Administrasi Negara Republik Indonesia,” papar Heni

Ia menuturkan, aplikasi ini berdasarkan Sistem Informasi Digital (SID), dimana semua sistem yang terdiri dari teknologi digital. Yang digunakan untuk mengumpulkan, memproses, mengelola, dan menyebarkan informasi melalui jaringan komputer

Tujuan dari SID ini, kata dia, adalah untuk menyediakan informasi yang akurat, terbaru, dan relevan kepada pengguna, serta memfasilitasi akses informasi secara mudah dan cepat.

“Sistem ini banyak sekali manfaatnya bagi sekolah. Dimana dapat meningkatkan efisiensi administrasi, seperti pengelolaan absensi, jadwal pelajaran, dan pengarsipan data. Kemudian memfasilitasi pembelajaran jarak jauh dan penggunaan teknologi dalam kelas,” tuturnya.

Berikut fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi ini diantaranya:

Untuk Sekolah aplikasi ini menyediakan fitur

  1. Pengelolaan data siswa inklusi:
    Aplikasi ini memungkinkan sekolah untuk mengelola data siswa inklusi, termasuk informasi pribadi, catatan kesehatan, dan catatan akademik.
  2. Jadwal pelajaran:
    Aplikasi ini menyediakan fitur untuk membuat jadwal pelajaran untuk siswa inklusi. Jadwal dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu siswa.
  3. Absensi:
    Aplikasi ini memungkinkan sekolah untuk mengelola absensi siswa inklusi. Fitur ini dapat membantu sekolah untuk memantau kehadiran siswa dan mengambil tindakan yang diperlukan jika ada siswa yang sering tidak hadir.
  4. Monitoring perkembangan siswa inklusi:
    Aplikasi ini memungkinkan sekolah untuk memonitor perkembangan siswa inklusi. Fitur ini dapat membantu sekolah untuk mengetahui kemajuan siswa dan membuat perencanaan yang sesuai
  5. Laporan kinerja guru:
    Aplikasi ini menyediakan fitur untuk membuat laporan kinerja guru. Fitur ini dapat membantu sekolah untuk mengevaluasi kinerja guru dan memperbaiki proses pengajaran.

Untuk orang tua siswa aplikasi ini menyediakan fitur:

  1. Informasi siswa:
    Aplikasi ini memungkinkan orang tua untuk melihat informasi siswa seperti data pribadi, catatan kesehatan, dan catatan akademik. Yang akan dikirimkan dengan aplikasi whatsapp setiap harinya.
  2. Jadwal pelajaran:
    Aplikasi ini menyediakan fitur untuk melihat jadwal pelajaran siswa inklusi. Jadwal dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu siswa
  3. Absensi:
    Aplikasi ini memungkinkan orang tua untuk melihat absensi siswa inklusi. Fitur ini dapat membantu orang tua untuk memantau kehadiran anak mereka.
  4. Komunikasi:
    Aplikasi ini menyediakan platform untuk komunikasi antara orang tua dan guru. Orang tua dapat berkomunikasi dengan guru melalui pesan teks atau email.

Untuk Dinas Pendidikan aplikasi ini menyediakan fitur

  1. Akses data siswa inklusi:
    Dinas pendidikan dapat mengakses data siswa inklusi yang disimpan dalam aplikasi.
  2. Monitoring perkembangan siswa inklusi:
    Aplikasi ini memungkinkan dinas pendidikan untuk memonitor perkembangan siswa inklusi di berbagai sekolah.
  3. Laporan kinerja sekolah:
    Diaplikasi ini menyediakan fitur untuk membuat laporan kinerja sekolah inklusi. Fitur ini dapat membantu dinas pendidikan untuk mengevaluasi kinerja sekolah dan membuat perbaikan yang diperlukan

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *